PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN DAN PERSEPSI KEMANFAATAN TERHADAP MINAT KONSUMEN MENGGUNAKAN KARTU MANDIRI E-MONEY (STUDI KASUS BANK MANDIRI (PERSERO) TBK CABANG JAKARTA JAYAKARTA KOMPLEK 117)

Sri Marti Pramudena, Nanda Setiawan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan dan persepsi kemanfaatan terhadap minat konsumen menggunakan kartu Mandiri E-Money PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Dengan menggunakan teknik analisis korelasi dan regresi linier berganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS (Statistical Package for Social Science). Hasil penelitian menunjukkan bahwa seacara parsial : Terdapat pengaruh positif persepsi kemudahan terhadap minat konsumen, pengaruh positif persepsi kemanfaatan terhadap minat konsumen dan yang mempunyai pengaruh terbesar adalah , pengaruh positif persepsi kemudahan dan persepsi kemanfaaan secara simultan terhadap minat konsumen menggunakan kartu mandiri e-money.

Kata Kunci : Persepsi Kemudahan, Persepsi Kemanfaatan dan Minat Konsumen


Full Text:

Untitled

Article Metrics

Abstract view : 660 times| Untitled view : 3 times

References


Barus, Sarjana. 2008. Analisis Sikap dan Minat Konsumen dalam Membeli Buah- Buahan Di Carefour, Plaza Medan Fair dan Supermarket Brastagi, Medan. Medan : Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatera Utara.

Dwityanti, Esthi. 2008. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Terhadap Layanan Internet Banking Mandiri. Tesis. Semarang: Universitas Diponogoro Program Studi Magister Manajemen Program Pasca Sarjana.

Hurriyati, Ratih. 2010. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Cetakan Ketiga. Alfabeta. Bandung.

Husain, Umar. 2003. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Cetakan ketiga. Jakarta: Gramedia Pustaka utama.

Jatmiko. 2013. Analisa Tingkat Penerimaan Konsumen Terhadap Penggunaan Electronic Money ( Studi kasus E-Toll Card Bank Mandiri ). Skripsi. Depok: Universitas Indonesia Fakultas Ekonomi, Program Studi Manajemen.

Jogiyanto.2008. Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gery. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid I (edisi ke-12). Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2009. Marketing Management. Edisi Tiga belas. Erlangga.

Lestari ,Sri. 2008. Analisis Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio Di Kota Surakarta. Tesis. Surakarta : Universitas Sebelas Maret Program Studi Magister Manajemen Program Pasca Sarjana.

McLeod, Raymond dan Schell, George P. 2009. Sistem Informasi Manajemen. Edisi Sepuluh. Jakarta : Salemba Empat.

Purnama, Cahaya Agung. 2012. Analisis Pengaruh Daya Tarik Promosi, Persepsi Kemudahan, Persepsi Kemanfaatan Dan Harga Terhadap Minat Beli E-Toll Card Bank Mandiri (Studi Kasus pada Pengguna Jalan Tol di Kota Semarang). Skripsi. Semarang : Universitas Diponegoro Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

Rajab, Muhammad Basra. 2014. Pengaruh Buzz Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Kees Cake Makassar. Skripsi. Makassar : Universitas Hasanuddin Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Rangkuti, Freddy. 2007. Riset Pemasaran. Cetakan Kedelapan. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Sarasdewi P , Yeriana. 2010. Sikap Dan Minat Konsumen Pasar Swalayan Terhadap Produk Teh Di Surakarta. Skripsi. Surakarta : Universitas Sebelas Maret Fakultas Pertanian.

Setiadi, Nugroho J . 2008. Perilaku Konsumen : Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Cetakan ketiga. Kencana : Jakarta

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif R&D. Bandung: Alfabeta

_______. 2011. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

_______. 2013. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Sunyoto, Danang. 2012. Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Cetakan Pertama. Jakarta.

Syamsumarli, Pratiwi. 2013. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Speedy Di Makassar. Skripsi. Makassar: Universitas Hasanuddin Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen.

Taurusia, Yohana Agnes. 2011. Pengaruh Sikap, Norma Subyektif, Dan Persepsi Kontrol Perilaku Terhadap Minat Beli Konsumen Melalui Online Shopping. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Atma Jaya Fakultas Ekonomi Pada Program Studi Manajemen.

Tjiptono, Fandy. 2005. Pemasaran Jasa, edisi pertama, cetakan pertama, Bayu Media, Malang.




DOI: https://doi.org/10.33062/jib.v14i1.308

Cited By :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EDITORIAL OFFICE
STIE Binaniaga
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Binaniaga
Jl. Raya Pajajaran No. 100 - Bogor 16153
Telp. 0251-8360688  - Fax  0251-8354558
Email : p3m@stiebinaniaga.ac.id , jurnalilmiahbinaniaga@gmail.com

p-ISSN : 0216-4094